×WallpaperNatureMountainRiverAnimalFlower

Edukasi Script Warna

   Mr.Ronnie   Februari 18, 2019

Kode Warna Dengan Font Script.

Apakah Font Script itu?.

CaraSeoNet - Dalam dunia website memang tidak akan bisa terpisahkan dengan yang namanya Script Code. Script adalah merupakan bagian dari elemen terpenting dalam pembentukan website atau aplikasi, yang memuat berbagai rangkaian dan susunan-susunan kode yang berisi bahasa-bahasa kode tertentu dengan sistem yang sesuai dengan fungsi dari masing-masing script.

Ada beberapa nama kode script yang populer di gunakan oleh para webmaster, di antaranya:

  • Script HTML.
  • Script PHP.
  • Script JSP.
  • JavaScript.
  • Script CSS.

Dari nama-nama script yang tersebut di atas itu fungsi dan tata cara penulisannya sangatlah berbeda. Karena tiap-tiap script itu punya karakter, fungsi dan susunan kode yang berbeda pula.

Pengertian Script.

  • Bahasa script atau scripting language adalah merupakan bahasa pemrograman, yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta tersusun secara praktis dari kompilasi atau kumpulan kode-kode yang berisi bahasa perintah dalam satu rangkaian proses secara integratif, sehingga menjadikan kode bisa di buat dan dapat langsung di jalankan sebagai program secara dinamis.

Fungsi Script.

  • Dalam pemrograman website atau web design, script berfungsi sebagai elemen atau alat untuk merancang bentuk, tulisan, ukuran, warna, link url, dan memetakan letak header, page halaman serta footer pada sebuah website.

Pengertian Font.
  • Apakah yang di namakan Font itu? dan apa fungsinya?. Kata "Font" dalam ilmu script adalah merupakan bahasa kode perintah, yang berfungsi untuk membuat atau membentuk suatu tampilan dan warna tulisan pada website.

Baca Juga:

Bagaimanakah cara membuat warna huruf atau tulisan pada website..?

Sebenarnya pada web builder subdomain gratisan seperti Xtgem.com, taplap.com, atau blogger.com sudah menyediakan dua cara pemrograman. Dari kedua cara pemrograman atau editing itu punya fungsi dan kegunaan yang sesuai dengan kapasitas yang di miliki oleh webmaster atau pemilik blog itu sendiri. Contohnya di blogger.com, di menu editor atau dashboard sudah di sediakan:

Mode Compose.

  • Dengan cara mode compose ini, seorang blogger pemula yang belum mengenal bahasa script html akan mudah untuk mengoprasikan blognya. Karena untuk membuat bentuk text, warna huruf, atau membentuk paragraf sudah tersedia menu instan yang mudah di operasikan sesuai dengan keinginan pemilik blog.

Mode Html.

  • Untuk mode html ini bisa di katakan sulit atau ribet bagi seorang blogger pemula, karena tiap-tiap mengoprasikan, seperti membuat tulisan, warna huruf, bentuk huruf, penataan paragraf, di sarankan untuk menggunakan kode html. Sementara bagi blogger yang sudah familiar dan sangat mengerti bahasa pemrograman dengan kode script, mode html adalah cara yang paling tepat dan leluasa dalam mengoprasikan blog atau websitenya.

Untuk mempelajari kode-kode html memang membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Harus ada tekad, fokus serta ketelatenan, agar cepat bisa praktek di luar kepala.

Cara terbaik belajar kode html adalah melalui tahap yang paling simpel, mudah di ingat dan di mengerti, seperti mempelajari kode bikin paragraf, huruf tebal, miring, dan huruf ada garis bawah. Kode html yang tersebut itu benar-benar simpel dan mudah di mengerti.

Untuk kali ini kita akan belajar membuat kode warna pada text atau huruf, kode ini cara penulisannya lebih panjang tapi mudah di hafal dan di mengerti.

Di bawah ini, Mas Ronnie akan memberikan contoh secara simpel dan pastinya mudah di mengerti oleh teman-teman blogger pemula atau newbie:

  • Sebagai contoh kode warna yang kita pakai untuk mewarnai huruf adalah warna merah. Untuk contoh penulisan kode ini kita akan menggunakan dua metode:
  • Kode angka dan huruf.
  • Nama warna dalam bahasa inggris.

Lihat kode html membuat warna merah pada tulisan dengan memakai kode angka dan huruf:
<*font color="#ff0000">I Miss You.<*/font>
Lihat hasilnya: I Miss You.

Kemudian contoh kode yang memakai nama warna merah dalam bahasa inggris:
<*font color="red">You Must Love Me.<*/font>
Hasilnya seperti ini: You Must Love Me.

Itulah contoh membuat warna pada tulisan dengan kode html, semoga contoh di atas mudah di mengerti dan di fahami serta gampang dalam penerapannya. Apabila teman-teman blogger pemula ingin belajar dan praktek membuat warna pada tulisan, di bawah ini Mas Ronnie menyediakan beberapa kode warna yang bisa anda terapkan sebagai pembelajaran.

Kode Warna:
Red= <*font color="#ff0000">Text<*/font>
White= <*font color="#ffffff">Text<*/font>
Blue= <*font color="#0000ff">Text<*/font>
Black= <*font color="#000000">Text<*/font>
Brown= <*font color="#A52A2A">Text<*/font>
Gold= <*font color="#FFD700">Text<*/font>
Gray= <*font color="#808080">Text<*/font>
Green= <*font color="#008000">Text<*/font>
Pink= <*font color="#ffcocb">Text<*/font>
Yellow= <*font color="#ffff00">Text<*/font>

Dengan beberapa kode warna di atas, untuk blogger newbie bisa praktekkan sendiri di blog masing-masing sebagai edukasi dalam pembuatan judul atau kalimat-kalimat yang ada di artikel yang perlu di beri warna pada textnya.

Catatan:

  • Untuk menerapkan atau praktek membuat tulisan dengan kode warna di atas, anda harus menghapus kode symbol bintang (*). Karena symbol bintang itu tidak termasuk dalam rangkaian kode warna, saya selipkan di situ agar tulisan kode warna itu bisa tampak dan terlihat oleh para pembaca.

Kesimpulan:

  • Mempelajari dan mengetahui kode-kode warna huruf atau text adalah merupakan hal yang sangat penting di lakukan oleh seorang webmaster atau blogger Newbie. Karena kode warna adalah termasuk bagian dari rangkaian alat untuk membentuk serta membangun blog dan website.
  • Atribute < font color="warna" >, ini adalah kode pembuka untuk membuat warna huruf/text, kemudian atribute < /font >, adalah sebagai kode penutup pada kode warna huruf/text.

Selamat Belajar...!

/br

Artikel Edukasi Script Warna di publikasikan oleh: CaraSeoNet pada: Februari 18, 2019. Silahkan baca artikel lainnya di bawah ini.

Related Images